3G/EVDO Wifi Router Untuk Modem USB Anda

Published by Ibrahim Vatih On 28 July, 2012 / 07:28 AM

Perkembangan teknologi gadget, membuat kita semakin bergantung dengan internet. Bukan hanya laptop. Hampir semua tablet atau smartphone yang muncul belakangan ini, selalu membutuhkan koneksi internet untuk bisa dimanfaatkan secara maksimal. Sebut saja Blackberry, gadget berbasis iOS (iPhone dan iPad), gadget-gadget berbasis Android.

Untuk smartphone atau tablet, tentu kita bisa memanfaatkan fitur HSDPA atau EVDO yang disediakan oleh operator selular. Namun celakanya, semakin banyak gadget yang kita miliki, berarti semakin banyak paket langganan internet yang harus kita bayar.

Misalnya kita punya 1 laptop dan 1 handphone yang masing-masing memiliki koneksi internet sendiri-sendiri, berarti kita harus membayar 2 kali untuk 2 gadget tersebut. Belum lagi jika anggota keluarga lain di rumah juga memiliki laptop dan smartphone lain yang terkoneksi internet. Pengeluaran untuk internet pun menjadi semakin membengkak.

Sebagian orang mungkin mengakali dengan membagi (sharing) koneksi dari smartphone-nya dengan aplikasi tertentu. Namun ternyata hal ini memiliki efek samping. Smartphone akan menjadi panas & jika digunakan berulang-ulang dapat merusak smartphone tersebut. Jadi jika Anda adalah orang yang suka internetan dalam waktu lama, cara seperti itu bukan solusi yang tepat.

Sharing Koneksi Internet dengan Wifi Router

Salah satu solusi yang paling ekonomis dan populer saat ini adalah dengan berlanggan 1 koneksi internet saja, membeli sebuah modem, dan ditambah dengan sebuah Wifi Router. Istilah simpelnya, menciptakan hotspot internet Anda sendiri.

Wifi Router ini akan terasa praktis dan bermanfaat, terutama saat Anda sudah terlanjur berlangganan paket internet dari ISP atau operator selular tertentu, namun Anda tetap ingin bisa berbagi koneksi untuk menghemat pengeluaran internet Anda.

Secara sederhana, wifi router adalah istilah untuk alat yang bisa membagi koneksi internet dari sebuah modem secara wireless, sehingga bisa digunakan oleh berbagai gadget secara bersamaan. Wifi router yang praktis adalah yang dapat digunakan untuk modem USB dengan jaringan 3G (GSM) maupun EVDO (CDMA). Apalagi jika wifi router itu bisa digunakan untuk modem USB maupun internet kabel seperti Telkom Speedy.

Jika Wifi Router seperti yang disebutkan di atas adalah yang Anda cari, saat ini TP-Link telah mengeluarkan produk yang dapat menjawab kebutuhan Anda: TL-MR2030 dan TL-MR2040. Kedua perangkat ini begitu praktis, dapat Anda gunakan kapan saja dan di mana saja.

TL-MR3020 memiliki bentuk yang mungil sehingga lebih mudah dibawa & dimasukkan ke dalam tas. Perangkat ini membutuhkan sumber arus listrik. Bila Anda memasang perangkat ini di rumah (untuk digunakan bersama-sama keluarga), Anda cukup menancapkannya ke lubang listrik di dinding rumah Anda. Jika Anda sedang di luar rumah atau dalam perjalanan, Anda cukup menghubungkan alat ini ke laptop atau powerbank melalui kabel USB bawaannya.

Berbeda dengan saudaranya tadi, TL-MR3040 dilengkapi dengan baterai internal sehingga membuatnya berbentuk sendikit lebih besar serta harganya lebih mahal. Namun dengan adanya baterai internal ini, tentu Anda semakin leluasa berinternet di mana saja dan kapan saja. Karena meskipun Anda tidak membawa laptop atau tidak menemukan sumber arus listrik, Anda tetap bisa berinternet dengan smartphone atau tablet kesayangan Anda (4-5 jam). Selain itu karena harganya yang lebih mahal, jangkauan koneksinya juga 2x lebih luas daripada TL-MR3020.

Tidak cukup sampai di situ. Kedua perangkat ini mendukung lebih dari 120 merek modem yang ada di Indonesia. Sehingga sebelum membeli perangkat ini, Anda dapat memastikan sendiri bahwa modem Anda dapat berjalan bersama perangkat ini.

Secara ringkas, berikut adalah manfaat wifi router ini untuk Anda:

  • Connect & Share. Menciptakan hotspot internet Anda sendiri di manapun & kapanpun bukan lagi sekedar mimpi. Anda dapat menghemat semua pengeluaran internet Anda dengan hanya berlanggan 1 koneksi internet saja. Selain berfungsi sebagai modem router, Anda juga dapat memanfaatkan alat ini sebagai access point & juga wireless client.
  • Praktis & portabel. Bentuknya yang mungil memastikan Anda dapat menjadikan wifi router ini sebagai kawan perjalanan Anda. Desain fisiknya yang simpel & minimalis juga membuat Anda semakin bangga & percaya diri untuk berbagi koneksi internet dengan orang-orang di sekitar Anda.
  • On-the-go. Tak masalah Anda sedang ada di dalam kendaraan maupun di tempat-tempat yang jauh dari sumber arus listrik, TL-MR3020 dapat berkerja dengan menancapkan kabel USB ke laptop atau powerbank Anda. Sementara TL-MR3040 dapat hidup selama 4-5 jam dengan sumber listrik dari baterai internal-nya.
  • Aman & canggih. Tentukan sendiri password apa yang Anda inginkan, untuk membatasi koneksi internet Anda hanya pada orang-orang yang Anda kenal. Anda juga dapat dengan mudah melakukan konfigurasi untuk menyesuaikan IP address, DNS, dan konfigurasi lainnya untuk mempermudah akses internet Anda.
  • Tangguh & berkualitas. Tidak seperti router lainnya… Anda tidak perlu takut wifi router ini meledak karena terlalu panas. Anda juga tidak perlu khawatir sinya wifi Anda menjadi putus-nyambung walau Anda menyalakan wifi router ini berhari-hari sekali pun. Selain karena merek TP-Link yang sudah populer, Anda bisa dengan mudah menemukan review atau ulasan positif tentang produk ini.

Penjelasan lebih lengkap tentang fitur dan spesifikasi TL-MR3020 bisa Anda simak
di sini an di sini. Sedangkan untuk tipe TL-MR3040 bisa Anda simak di sini dan di sini.

Anda tertarik membeli salah satunya?

Dapatkan wifi router TL-MR3020 seharga Rp2xx.000 saja. Atau TL-MR3040 seharga Rp3xx.000 saja. Tak perlu khawatir. Barang masih baru, bersegel, dan bergaransi resmi 1 tahun :-)

Untuk kepastian harga atau informasi lebih lanjut, silahkan SMS di 0856-4825-5010, atau bisa juga tinggalkan pesan di facebook.com/fauzone.

Jika Anda ingin, tentu bisa saja Anda mencari penjual lain yang menjual barang-barang ini dengan harga lebih murah, kan?

Namun, apakah Anda akan percaya begitu saja dengan harganya yang murah? Tidakkah Anda sering mendengar bahwa transaksi internet merupakan transaksi yang rawan akan penipuan?

Anda boleh tidak percaya pada penjual lain. Namun insyaallah Anda bisa percaya pada saya :-)

Nama saya Ahmad Fat-han Fauza. Anda bisa membaca sekilas ttg saya di sini,
www.fimadani.com/redaksi

- – - – - – - – - -
NB:
Anda bisa mengabaikan tulisan ini dan menutup langsung halaman ini. Tidak apa-apa. Namun sebelum itu, mohon segera sampaikan tulisan ini pada orang lain yang ingin menghemat sekaligus berbagi koneksi internet secara mudah & menyenangkan. Anda tidak akan mendapat imbalan apa-apa. Mungkin Anda hanya akan membuat orang lain tersenyum senang karena menemukan apa yang mereka cari-cari selama ini. Klik tombol like di bawah & share-kan tulisan ini di dinding Facebook Anda sekarang.